Tuesday, February 20, 2007

Cinta

Salah satu prinsip Ahlus Sunnah Wal Jama’ah adalah memberikan sikap cinta)kepada siapa saja yang di cintai oleh Allah ?. Dan orang-orang soleh termasuk suatu tho’ifah (golongan) terbaik dari umat Islam, sehingga mereka mendapatkan kecintaan, pujian dan nikmat dari Allah ? kerana telah berhasil meniti siratul mustaqim (jalan yang lurus).

فَأُولئك مَعَ الَّذِيْنَ أَنَعَمَ اللهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَ الصِّدِّيْقِيْنَ وَ الشُّهَدَاءِ وَ الصَّالِحِيْنَ، وَ حَسُنَ أولئك رَفِيْقًا “…,
maka mereka itu akan bersama-sama orang-orang yang Allah anugerahi nikmat atas mereka, dari kalangan para Nabi, siddiqin (orang-orang yang benar keimanannya), syuhada’, dan orang-orang soleh, dan mereka itu adalah sebaik-baik teman”. (QS. An Nisa’ : 69)

Maka mereka termasuk orang-orang yang berhak mendapatkan wala’ dari kaum muslimin. Namun yang wajib diketahui, bahawa sikap wala’ yang akan mendapatkan redha Allah ? dan balasan di sisi-Nya, bukan wala’ (kecintaan) yang dilandasi dengan hawa nafsu, akan tetapi suatu kecintaan yang dilandasi Al Qur’an dan As Sunnah.